Perkembangan Ziyad Syaikhan 10-14 Bulan

October 13, 2008

Berhubung waktu luang yang makin sempit karena pekerjaan dari penalette, sejak usia 10 bulan, catatan perkembangan Syaikhan sedikit terlalalikan. Padahal perkembangannya begitu banyak sejak usia ini. Kadang sampai heran sendiri, HAH?…anakku ternyata udah bisa ini yaa…

Bulan MEI, masuk usia 10 bulan.
Syaikhan sakit panas tinggi. Bolak-balik rumah sakit entah berapa kali. Sampai sempat ambil darah juga. Wah, pokoknya melelahkan. Hasil akhir dan saran dari dokter mengatakan Syaikhan mesti disunat. Karena bagian kulupnya merapat. Tapi keputusan ini tidak harus langsung dilaksanakan. Bisa dilihat kondisi selama 2 bulan ke depan. Apabila panas tinggi lagi, berarti sudah benar-benar mesti disunat. Karena sudah menunjukkan gejala infeksi.

Akhirnya, kami memutuskan untuk tidak langsung menyunat Syaikhan. Pertimbangan utama adalah karena harus bius total. Di usianya sekarang, kalau tidak dibius total tidak memungkinkan.

Alhamdulillah Syaikhan sampai sekarang gak panas lagi dan tambah aktif!

Bulan Juni awal
Syaikhan sudah mulai sehat dan mulai aktif lagi. Sekarang dia sudah mulai mencari-cari pegangan dan BERDIRI!. Huwaeeii…alhamdulillah. Berbarengan dengan itu, Syaikhan bisa duduk tegak sendiri. YUP. Dari kemarin Syaikhan susah banget disuruh duduk. Mesti langsung pinginnya senderan dan rebahan. Untuk awal-awal ini, tapi berdirinya masih harus berpegangan. Biasanya monitor bang Hen yang dijadiin sasaran. Masih sering jatuh juga.

Setelah bisa duduk tegak sendiri, Syaikhan akhirnya merangkak dengan lengan tangan yang tegak. Jadi gak merambat-rambat dengan badannya lagi. Lumayan…bagian baju yang kotor sekarang cuma dengkul.

Yang menarik, proses dia belajar turun dari berdirinya. Pada awalnya minta didudukkan, kemudian dia meregangkan kakinya sampai selebar-lebarnya kemudian menjatuhkan diri. Sampai akhirnya bisa jongkok. Itu juga karena dia tidak butuh lagi pegangan untuk berdiri.

Bulan Juli
Waktu awal bulan, Syaikhan bisa berjalan 2 langkah!

Hihihi…dia sendiri sumringah waktu bisa melangkahkan kakinya ke depan. Kita sibuk memberi semangat. Senangnya juga, bulan ini Syaikhan 1 tahun. Makannya jadi lebih mudah, karena bisa sama dengan lauk orang dewasa. Tentu saja masalah rasa berbeda.

Bulan Agustus (13 bln)
Syaikhan benar-benar sudah lancar berjalan. Sulitnya, kalau mau tidur dia sibuk ingin berdiri kemudian berjalan tidak tentu arah untuk kemudian terjatuh. Nanti sibuk nyari susu lagi terus berdiri lagi terjatuh lagi. Begitu terus. Sampai dia mau berhenti. 2 kali dia kena hukum ditaruh luar kamar sebentar sama bang Hen. Soalnya sampai hampir tengah malam tidak mau tidur juga.
Tapi, dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan tidak memberi hukuman itu lagi. Khawatirnya dia trauma. Toh, kalau dipaksa tidur padahal dia belum ngantuk memang dia gak bakalan tidur. Jadinya malah capek sendiri kitanya biasanya. Jadinya paling temenin aja dikamar.

September (14 bln)
Syaikhan ikut ke Jambi!…

Berangkat masih takut banget naik taxi. Langsung nangis dan pingin keluar. Waktu naik bis juga nangis. Dan setiap kali baru naik setelah bis istirahat, Syaikhan mesti nangis. Tapi kalau bisnya dah jalan, dia bisa bercanda-canda. Gak tau ya kenapa.

Ketemu oma opanya, Syaikhan nangis ketakutan. Apalagi kalau liat Opa. Alhamdulillah dengan kesabaran dan pendekatan, hari kedua Syaikhan dah mau dekat sama oma opa. Kalau engga nanti ibo ati lah tu oma opa…

Oktober (menuju 15 bulan)

Di Jambi, banyak perkembangan. Ada yang kurang diharapkan sih. Kaya joget-joget kalau denger musik. Ini juga karena di Jambi ada tv. Jadi sering tepuk tangan juga.
Syaikhan sekarang bisa diajarin cium abi sama umi. Seneng disuruh gosok gigi walaupun belum bisa berkumur dan meludah. Paling dia bisa ikutan nyemburnya aja. Padahal airnya dah ketelan. :P

Syaikhan juga bisa ngupil, walau belum dapet upilnya. HIhihihie..tapi jarinya dah masuk lho. Menunjukkan kalau ada yang gatal dan gak nyaman di hidungnya.

Di perjalanan pulang ke Jogja, Syaikhan bisa minum dari sedotannnn… Uwaahhh tambah senang. Padahal waktu sampai Jambi, Mak sempat nyuruh minum dari minuman mineral gelas. Tapi Syaikhan belum bisa waktu itu.
Syaikhan juga berusaha niru waktu diajarin buka mulut, mama baba. Dia bisa ngikutin sih. Tapi tetep belum ada kata-kata utuh yang keluar.

Yang jelas, selain bicara, masalah meniru yang lain-lain Syaikhan termasuk cepat insya Allah. Sampai suara burung juga mau ditiru sama dia. Lumayan dapet lho nada burungnya. Bang Hen sampai kepikiran, “Apa kita beli burung aja ya?” hihihi…
Oiaa…Syaikhan juga mandinya udah pakai air dingin….wah…tambah berkurang ya repotnya Umi..

Perkembangan lainnya, makannya masih susah, mesti pakai kerupuk atau yang sejenisnya. Aktifnya tambah aktif. Syaikhan juga suka banget masukin benda-benda yang berpasangan. Misalnya bulpen sama tutupnya dll. Padahal ini untuk usia berapa ya. Kami jadi ingin membelikan model mainan yang seperti itu.

Dah dulu ah…Ngantuk. Nyiapin tenaga lagi buat besok insya Allah.

One Response to “Perkembangan Ziyad Syaikhan 10-14 Bulan”

  1. ichad Says:

    gyahaha lucu pas belajar gosok gigi..

    buka ya mb ika phrimchyst.blogspot.com tinggalin comment.. disuruh biar dapet nilai.. haha

    kok mas lyno bin Salmah ya?? lebih enak kali ya dari pada bin Rahardjo??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: