An Uncomfortable Journey…

October 13, 2008

Wah…bener-bener deh…perjalanan pulang kali ini, bisa dikatakan sangat tidak nyaman. Faktornya banyak banget.
Pertama, perjalanan terasa SAAaaaNgat MemBosankan. Jadinya tambah kerasa sanGaaaTT melelahkan. Sebabnya bisnya yang cuma 3 kali berhenti!! selama 2 hari 2 malam perjalanan. Wuow! Kebayang kan berarti berapa jam sekali kita harus duduk dalam bis. Menahan pipis, pegal, dan penat. Bis kami termasuk bis pertama, namun yang terakhir masuk kapal ferry di pelabuhan Bakahuni. Sebenarnya, bis kami bisa masuk kapal ferry kedua. Namun, karena pak sopir ingin cepat, jadilah serobot menyerobot dengan yang lain terjadi, dan akhirnya kita malah terdampar di urutan belakang dan berhasil masuk kapal ferry keempat! Itupun memakan waktu sekitar 3 jam. Ckckck…

Yang tidak menyenangkan lagi, para penumpang harus turun dari bis selama di kapal. Rupanya ada peraturan baru dari pemerintah karena kebakaran kapal di lampung kemarin. Jadi, mesin-mesin bis harus mati. Otomatis, AC mati juga. Alhasil, kami duduk-duduk memakai alas koran (dibeli dengan harga 1000 isi 2 lembar koran), di sepanjang koridor jalan menuju tempat penumpang. Tidak lupa pak sopir mengingatkan kami,

“Nanti kalau sudah mau merapat, langsung masuk bis saja. Banyak copet.” :D

hehehe…Indonesiaku…Indonesiaku..

Sebab lainnya, perjalanan yang sudah tidak menyenangkan ini, harus ditambah dengan mendengarkan musik (which i never hear it anymore). Tahu sendiri kan kalau musik itu hanya melalaikan kita dari Al-Qur’an. 4 jenis musik diperdengarkan. Mulai dari lagu-lagu franky yang diputar 2 kali. Lagu dangdut dari penyanyi SERA (ini tahunya juga karena melihat video klip di layar). Lagu dari filmnya Nirina Zubir dan Irwansyah (ini juga gak tahu judulnya, karena dah ga memperhatikan film-film seperti ini lagi). Terakhir, lagu yang dibawain Nia Daniati. Dan ini diputarr…> 4X!!!

Siang di hari kedua, rasanya jadi benar-benar penat! Aku yang berusaha menahan pusing karena sudah 12 jam mengenakan jilbab (dan ini bukan jilbab tipis lho…yang sebenarnya bahkan aku memakai rangkap 4 pakaian, pakaian lapisan gamis, gamis, khimar dan jilbab itu sendiri). Tentu saja aliran darah di kepala jadi kurang lancar karena tidak mendapat nafas selama itu.

Pukul 15.00 lebih, sambil masih diiringi lagu-lagu Nia Daniati, bis belum berhenti juga. Padahal pemberhentian kami terakhir adalah pukul 03. 00 am masih di kepulauan Sumatra. Aku hanya bisa merengek sebentar ke bang Hen.

Bang Hen hanya menjawab, “Sabar ya…Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kan sudah mengatakan. Safar itu adalah bagian dari adzab.”

Ya sudah. Alhamdulillah tidak lama kemudian, Ziyad Syaikhan terbangun dari tidurnya. Konsentrasi beralih dari diri sendiri menjadi ke Syaikhan. Akhirnya pukul 18,29 wib, kami berhenti di rumah makan Gedung Roso mbok rame, dan ini adalah pemberhentian kami yang terakhir. Alhamdulillah kami diberi waktu 1 jam.

Btw, ternyata rasa senangku akan air yang bersih di rumah makan ini kurang tepat. Karena setibanya di rumah, baru aku sadari kalau sepertinya kultku alergi dengan air (asin) yang dijadikan air kamar mandi itu. Alhamdulillah aku hanya menyiram bagian kakiku.

Alhamdulillah bi ni’matihi tatimushsholihaat…
jam 01.00 kami sampai di terminal jombor. Sekitar pukul 02.00 kami sampai di Bantul dan menghadapi situasi rumah yang lebih parah dari bayanganku. Debu bertumpuk, kulkas yang mulai dirayapi belatung, tikus yang merajalela, lampu depan putus…DANN..ditambah tubuhku yang gatal terus-menerus dibagian kaki.

Akhirnya aku memutuskan untuk mandi dan memulai langkah pembenahan rumah dari mencuci piring dan mencuci wadah-wadah bagian dalam kulkas (dan pembersihan kulkas dari belatung inilah yang memakan waktu paling lama. 3 jam!)

Ahh…alhamdulillah…senang bisa kembali di rumah ini..Semoga Allah cepat memulihkan stamina dan fisikku serta kekasihku tercinta dan sang buah hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: