Kue 8 Jam & Kue Hijau

October 4, 2008

Masih tentang makanan ya, saudara-saudara..^^

Kue 8 Jam

Kue 8 Jam

Yang ini kue khas jambi yan g mesti ada di rumah-rumah sewaktu hari raya ‘iDul Fitri. Jadi, kalau kita bertamu ke rumah-rumah, yang aku alami kemarin pasti disuguhin kue 8 jam ini. Kalaupun diantar rantang makanan sama saudara atau tetangga, salah satu isinya ya kue ini juga, biasanya dikasih sekitar irisan 1 cm.

Cara penyajian ke tamu pun bukan dipotong-potong langsung terus disajikan perpotong. Tapi dibawa sekaligus satu piring kue yang masih utuh dan biasanya diiris tipis-tipis cuma sekedar 1-2 iris, terus dipotong lagi jadi potongan kecil-kecil.

Kenapa begitu??

Kue Hijau, Khas Jambi

Kue Hijau, Khas Jambi

Soalnya kedua kue ini rasanya maniiiiiisss bangettssss…

Kue hijau itu rasanya seperti lapis legit, cuma lebih manis lagi dan lebih basah. Kalau kue 8 jam, menurut aku seperti rasa bolu, cuma bolu yang masih basah banget dan ketahuan kalau telornya banyaakk banget. Masih santer rasa dan baunya.

Untuk kue 8 jam, disebut kue 8 jam soalnya masaknya bener-bener 8 jam. Cara masaknya agak beda tapi. Jadi di bawah di kasih api, nanti di atasnya (aku belum tau bentuk realnya seperti apa, ini dari cerita bang Hen aja) di kasih alas terus dikasih bakaran juga. Jadi, intinya kaya oven gitu ya… Dibakar dari atas dan bawah. Eh…tapi kalau masaknya pakai oven, kata bang hen lain lho jadinya. Jadi, memang mesti cara masaknya seperti itu.

Yah…namanya juga kue tradisional KHAS jambi.

3 Responses to “Kue 8 Jam & Kue Hijau”

  1. linae Says:

    dik Siska,
    selamat lebaran, maaf lahir batin ^_^
    telat dikit gpp ya… hihihi… kue nya kliatan enak banget… emang seperti kue lapis legit ya ;) salam ya buat bang Endri nya, sun sayang buat si kecil ;)

  2. kusuma Says:

    kirim dunk proses pembuatan kue 8jam dan takaran bahannya…… mokosih banyak mak do!!!

  3. vera Says:

    aku baru tau kalo dijambi ada kue hijau.setauku kue lapis jambi antara lain lapis masuba,lapis susu,lapis legit n emang sih ada lapis yg berwarna hijau namanya lapis putri sri kandis tapi tampilannya gak seperti yg ada di foto ini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: