Makanan (Kue) Tradisional Jambi…(update foto)

September 28, 2008

Andria bilang, “Kalau ga ada bang hen, ga bikin deh kue ini…”

yang diminta bang hen pas pulang kali ini (setelah 5 tahun ga pulang) bener-bener makanan tradisional. Cik Epi yang bikin aja dah sampe bosen. Sayang ga semuanya kefoto, dan ga semuanya aku catet resepnya

1.  Pais (bacanya tapi bukan pa is ya…pais..susah pronounnya nih)

Pais - kue khas jambi

Pais - kue khas jambi

Itu makanan dari ketan yang dicampur sama pisang sama kelapa jadi satu. Yang ini aku ga ngeliat proses pembuatannya. Aku kurang suka, tapi bang hen suka bangeTT. Mungkin karena kurang manis. Andria bilang itu mungkin karena pisangnya kurang. Pais ini dibungkus pake daun pisang terus dikukus.

2. Takir (yg ini ga kefoto)

Rasanya kaya sum-sum. Bentuknya jauh banget dari bubur sum-sum.

Adonannya dari tepung ketan dll. Wah ribet. Pake daun pisang yang dibentuk kaya mangkok. Terus di dasarnya ditaburin irisan gula merah sama gula pasir. Abis itu dituangin campuran ketan sama santen. Trus dikukus lagi deh. (hayo bang…beliin aku kukusan yaaa ..:P)

3. Lemang Golek Srikaya?

lemang golek beserta coletannya

Ga tawu nih. Kalo kue lemang pas pertama kali dateng tuh buatnya di dalam pohon bambu. Terus dibakar dari jarak agak jauh (jadi ga kena api langsung). Kebayang kan lamanya?

Tapi kalo lemang yang ini ga pake bambu. Tapi ga kalah ribet bikinnya.

lemang golek yang sudah dibakar

lemang golek yang sudah dibakar

1. Kukus ketan (sebelumnya diaronin)

2. Bikin buat coletannya. Campurannya, telor, santen, gula. DImasak sampe ngenteeelll banget..diaduk terus selama masaknya.

3. Siapin daun pisangnya. Terus bungkus ketan yang dah dikukus, kaya lemper tapi lebih tebel lagi.

4. Bakar gulungan ketan tadi. Sebelum dibakar, olesin bungkusannya pake minyak.

nah…ribet kan. Cuma mo bikin 1 kue aja. Duwh…ga tawu deh bakal bisa (atau mawu?) bikinnya pas dah di jogja nanti.

Terus apa lagi ya…kok tiba-tiba lupa.

Yg ini dulu dey…sebenarnya ada tips-tips masak lainnya. Belum yang tentang masakan khas jambinya. Yg jelas pedes-pedeshhh..

Mudah-mudahan bisa dilengkapin dengan fotonya..sapa tawu tertarik bikinnya.

5 Responses to “Makanan (Kue) Tradisional Jambi…(update foto)”

  1. ichad Says:

    kapan itu dibawa ke jakarta??? laperr..

  2. riftom Says:

    wah wah wah bikin ngiler…. nyam…nyam…nyam…

  3. taufik am Says:

    assalamu’alaikum wr.wb

    salam kenal mbak. lain kali sertakan resepnya, jadi kita bisa bikin sendiri. nggak perlu ke jambi kan. tapi bagaimpanapun terima kasih banyak atas infonya. salam kenal dari taufik.

    wassalamu’alaikum wr.wb

  4. siska Says:

    wah…maaf yaa..saya juga ga menetap di jambi nii…trus juga ga nyatet-nyatet resep detailnya.
    Insya Allah kalau ke Jambi lagi deh ya, dicatetin khusus resep sama hasilnya sama cik Epi, sang koki yang pinter banget bikin kue-kue.

  5. zega Says:

    wah.. wah.. informasi seperti ini nih yang aku suka. tapi aku boleh minta tolong gak? he..he..
    perkenalkan, nama saya Yohanes Zega, pengen tau donk, makanan tradisional Jambi yang paling terjangkau oleh masyarakat dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Jambi apa yah??
    terus, secara khusus, aku pengen tau nih, bahan pangan lokal yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di kabupaten Muarojambi dan kabupaten Merangin apa ya? soalnya berdasarkan artikel yang aku baca, kedua kabupaten tersebut masuk dalam daftar rawan kekurangan gizi. Dengan mengetahui potensi pangan lokal dan kebiasaan konsumsi masyarakat di sana, mungkin kita bisa memikirkan solusi untuk masalah di sana.
    saya sangat berharap atas informasinya.. sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan Trima kasih banyak…
    salam kenal,
    Yohanes Zega…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: